RSS Subscribe

PEMERINTAH DUKUNG PRAMUKA

Presiden Instruksikan Jajaran Pemerintah Dukung Pramuka
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) menyematkan secara simbolis Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka Lencana Melati kepada Menteri Pendidikan Nasional Bambang Soedibyo (2 kiri) dan Menneg BUMN Sofyan A Djalil (ketiga kiri) saat Peringatan Hari Pramuka k (ANTARA/Widodo S. Jusuf)
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
menginstruksikan seluruh jajaran pejabat pemerintah pusat dan daerah untuk mendukung dan memfasilitasi Gerakan Pramuka.

Hal itu dikemukakan oleh Presiden Yudhoyono yang juga Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka dalam upacara peringatan Hari Pramuka ke-48 di Lapangan Gadjah Mada, Cibubur, Jakarta Timur, Jumat.

"Saya ingin semua pihak memberikan kontribusinya,...untuk membantu dan memfasilitasi gerakan pramuka... membantu dengan semua sumber daya, bukan hanya anggaran, tapi juga yang lain agar maju di masa depan," katanya.

Kepala Negara menilai, Pramuka tetap penting dan semakin penting
sehingga perlu upaya semua pihak untuk menjaga dan memajukannya.

Selain menyampaikan dukungannya pada kesuksesan Gerakan Pramuka,

Presiden juga menggarisbawahi mengenai keperluan bangsa Indonesia menjaga persatuan dan bangkit menyongsong masa depan.

Presiden menegaskan bahwa pascapemilihan umum sudah saatnya seluruh masyarakat Indonesia segera kembali bersatu untuk membangun bangsa.

Pada kesempatan itu Presiden menyerahkan penghargaan Lencana Melati kepada sejumlah menteri dan gubernur, atas jasanya dalam perkembangan Gerakan Pramuka termasuk pengabdiannya dalam membantu pihak lain dalam pelaksanaan tugas.

Penghargaan Lencana Melati diberikan antara lain kepada Mendiknas
Bambang Soedibyo dan Meneg BUMN Sofyan A Djalil serta empat gubernur selaku Kamabida Gerakan Pramuka yaitu Gubernur Kalimantan Timur, Jawa Timur, Bangka Belitung, dan Maluku.

Sementara itu penerima Lencana Melati dari luar negeri adalah Menteri Belia dan Sukan Malaysia Dato Ahmad Shabery bin Cheek, Sekjen Kepanduan Filipina Jose Rizal C Pangilinan, dan anggota Komite Pandu Kawasan Asia Pasifik Prakorb Mukura.

Menurut Biro Abdimas dan Humas Kwarnas Pramuka Septembri Yanti, total penghargaan yang diberikan oleh Gerakan Pramuka untuk anggota Dewasa Gerakan Pramuka sesuai dengan jasa masing-masing adalah Lencana Melati kepada 222 orang, Lencana Darma Bakti kepada 564 orang.

Kemudia Lencana Wiratama kelas III kepada tiga orang, Lencana Karya Bakti kepada 16 orang dan Lencana Teladan kepada tiga orang peserta didik asal Jawa Timur.

Upacara peringatan Hari Pramuka kali ini diikuti sekitar 3.000 anggota Pramuka Penggalang dan Penegak dari sejumlah Kwarcab dari DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Tema peringatan Hari Pramuka kali ini adalah "Tingkatkan Peran Gerakan Pramuka dalam Membangun Karakter dan Kepemimpinan Bangsa".

Selaras dengan itu, Hari Pramuka 2009 juga diperingati dengan acara donor darah, bakti masyarakat di Jakarta Utara, bersih pantai dan laut di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu, ziarah pahlawan, dan partisipasi dalam Sail Bunaken Manado.(*)