RSS Subscribe

PROPIL



UNIT SAR 0905
GERAKAN PRAMUKA KWARTIR CABANG GARUT


LATAR BELAKANG


Gerakan Pramuka adalah Gerakan Kepanduan Nasional yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda Indonesia guna menumbuhkan tunas bangsa, agar menjadi generasi yang baik, yang sanggup bertanggng jawab dan mampu membina serta mengisi kemerdekaan. Dalam kiprahnya, Gerakan Pramuka dilaksanakan dengan mengacu dan berpedoman pada Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang ditunjang oleh Sistem Among yang bertujuan agar setiap peserta didik memliki karakter yang terampil, cerdas, memiliki kepemimpinan yang baik, serta berjiwa nasionalisme dan patriotisme.

Gerakan Pramuka khususnya di jajaran Kwartir Cabang Garut selalu menyelenggarakan aktifitas yang menarik bagi kaum muda, sehigga untuk itu dibuatlah suatu wadah penyaluran minat dan bakat yang sangat positif, yang dampaknya tidak hanya dirasakan peserta didik tetapi dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat. Melalui wadah kegiatan ini kita tanamkan kepada setiap anggota nilai-nilai kesukarelaan dan kemanusiaan. Kwartir Cabang Garut sebagai salah satu organisasi yang dalam masyarakat selalu merasa terpanggil untuk turut bersama komponen masyarakat lainnya ( Pemda, TNI/POLRI, dan Organisasi Masyarakat lainnya ) membantu melaksanakan upaya-upaya mitigasi dalam Penanggulangan Bencana Alam.

Untuk itulah pada tahun 1991, Kwartir Cabang Garut membentuk Brigade Penolong Bencana Alam dan Unit SAR 0917 yang sekarang berubah nama menjadi UNIT SAR 0905. Tugas pokok UNIT SAR 0905 adalah melaksanakan upaya mitigasi dan kesiap-siagaan dalam Penanggulangan Bencana Alam yang dilaksanakan melalui Pendidikan dan Latihan Dasar Penanggulangan Bencana Alam & SAR, Pelatihan PPGD/P3K, SIAGA SAR bagi seluruh anggota selama 1 x 24 jam dan sampai dengan tahun 2009 UNIT SAR 0905 telah mencetak kadernya lebih dari 200 orang dan telah tersebar dibeberapa organisasi pecinta alam baik yang berada diluar Garut maupun didalam Kota Garut.


DASAR PENDIRIAN

1. AD-ART Gerakan Pramuka.
2. Surat Edaran Kwartir Nasional No. 361/K/1990 Perihal Pembentukan Brigade Penolong Bencana Alam.
3. Keputusan Kwartir Nasional tentang Pramuka Peduli.
4. Surat Keputusan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat No. 12 tahun 1998 tentang Pembentukan Unit SAR Pramuka di lingkungan Kwarda Jabar.
5. Surat Keputusan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat No. 13 tahun 1998 tentang Pola Mekanisme Pembinaan dan Pengembangan Unit SAR Pramuka.
6. Surat Keputusan Kwartir Cabang Garut No. 08 Tahun 1991 Tentang Pembentukan Brigade Penanggulangan Bencana Alam dan Unit SAR 0917 Gerakan Pramuka Kwarcab Garut.


TAHUN PENDIRIAN

Unit SAR 0905 Kwartir Cabang Garut dirintis pertama kali sejak tahun 1986 dan didirikan pada tanggal 14 Agustus 1991 dan sekaligus ditetapkan sebagai HUT Unit SAR 0905 Kwartir Cabang Garut.


KEDUDUKAN DAN STATUS

Unit SAR 0905 berkedudukan di Kwartir Cabang Garut dibawah Pembinaan Bidang Program Peserta Didik dan berstatus sebagai Unit Kegiatan Kwartir Cabang.


ALAMAT

Unit SAR 0905 beralamat di Kwartir Cabang Garut
Jalan Kiansantang Nomor 10 Phone 08156066301 Garut Kode Pos 44117